Home » » Mengapa perlu tarbiyah ?

Mengapa perlu tarbiyah ?

Written By SieR on Monday, February 8, 2010 | 9:41 AM


Tarbiyah adalah salah satu istilah yang populer di Indonesia. Tarbiyah mengacu kepada pendidikan Islam secara menyeluruh mulai dari kognitif, psikomotorik dan afektif. Tarbiyah tidak hanya mengisi intelektual seseorang tetapi juga berusaha untuk mengubah perilaku seseorang menjadi baik.

Metodenya? Pertama, membaca ayat-ayat Allah, mengkajinya, mentadaburinya, menghapalnya dan menghayati sehingga menjadi bagian dari diri. Al Quran menjadi kebiasaan keseharian. Al Quran menyatu dalam diri. Inilah kunci tarbiyah, mendekatkan diri kepada sumber utama Islam dengan bimbingan yang benar sehingga muncul akhlak Qurani. Dia tidak hanya masuk kedalam bacaaan yang indah tetapi juga menjadi pribadi yang indah, pribadi yang dibasuh dan dicelup dengan Al Quran.

Kedua, Tazkiyah. Mensucikan diri. Berbagai jalan bisa dilakukan untuk membersihkan diri sesuai tuntutan Rasulullah. Shalat lima waktu yang khusyu, shalat sunat, shalat malam, saum sunnah serta berbagai amalan yang akan meningkatkan kualitas ruhani.

Ketiga, setelah itu muncul semangat untuk mengajarkan dan menyampaikan kepada semua orang. Bekal ruhani, bekal fikrah dan bekal fisik ini kemudian mewujud dalam kegiatan dakwah yang semata-mata mencari Ridha-Nya.

Inilah mengapa kita sebaiknya segera berkecimpung dalam tarbiyah untuk memberikan nuansa Islami dalam diri, nuansa Islami dalam masyarakat dan sebagai warga dunia ikut memberikan sumbangsih atas kekayaan Kemanusiaan.(oasetarbiyah.com)

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Barito Putra - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger